Cara Jitu Bagi Kamu Yang Susah Tidur !

Assalamualaikum wr.wb

Pernah gak kalian merasa susah bangun pagi, entah karena banyak kerjaan harus sampai lembur dan begadang. Akibatnya juga tidak bagus untuk kesehatan, dan katanya kalau bangun siang rezekinya bisa dipatok ayam. Masasih.. ? yang jelas bangun pagi itu banyak akan manfaat, baik dari segi kesehatan maupun yang lainnya.

Kalau kata orang tua kita, tidur itu jangan terlalu malam, nanti bangunnya kesiangan. Terus jam berapa seharusnya kita tidur ? dan gimana caranya ?

Sebelum membahas tips dan caranya, mari kita bahas dulu manfaat dan akibatnya.

Yuk langsung kita bahas

Akibat Bangun Siang

1. Semakin Pendek Usia

Dilansir Kompas.com menurut Matthew walker ahli saraf yang mengambil kepakaran dalam permasalahan tidur dikutip dari Business Insider, ” semakin sedikit waktu tidur anda, maka semakin sedikit pulan waktu hidup anda “.

Orang normal pada umumnya harus tidur antara 7 – 8 jam perhari, agar tubuh yang lelah setelah beraktifitas seharian dapat segar kembali untuk menjalankan rutinitas. Pada kenyataannya banyak orang yang kekurangan jam tidurnya karena hal tidak penting, seperti begadang, bermain game sampai larut, atau hanya sekedar nongkrong dengan teman sampai waktu subuh, dan itu merupakan hal yang sia – sia. Sampai sini setuju ?

2. Kehilangan Golden Time

Apa itu golden time ? dimanakah waktu emas tersebut ? diwaktu itulah otak kita bekerja dengan sejernih – jernihnya. waktu itu berada pada sepertiga malam sampai waktu subuh. Jika kita kehilangan waktu ini, maka alangkah ruginya kita, disinilah kunci kesuksesan yang sesungguhnya.

Ketika orang lain masih terlelap dengan hangatnya ranjang, kita sudah terbangun. Kita awali hari kita lebih awal dengan ibadah, belajar, prepare segala sesuatunya pada waktu tersebut. orang – orang memulai aktifitas jam 7 pagi, tapi kita sudah mulai jam 3 pagi. disinilah letak keungulan kita dibanding orang pada umumnya, dan jika sudah terbangun habit seperti ini, maka masalah kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu.

3. Resiko Terkena Kanker Hati

Dilansir Doktersehat.com bahwa bangun disiang hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati, karena dapat menyebabkan menggangu metabolisme tubuh.

Jam 5 – 7 pagi adalah  waktu bagi tubuh untuk membuang racun melalui buang air kecil dan besar, sedangkan jam 7 – 9 adalah waktu dimana usus halus bekerja menyerap nutrisi dari sarapan pagi kita. maka secara otomatis pastinya membuat metabolisme tubuh terganggu. Dan dalam beberapa kasus bisa mengganggu fungsi hati.


4. Tubuh Lesu Dan Kepala Pusing

Waktu saya bekerja di pabrik retail terkemuka di indonesia, letaknya di Parung Bogor, saya sering sekali mendapat shift malam. Jam 7 malam masuk kerja, pulangnya bisa sampai jam 6 pagi, bahkan pernah sampai jam 7 lewat, dan tiba dirumah bisa sampai jam 8.

Karena lelah setelah bekerja, maka sesampainya dirumah langsung tertidur, dan bangunnya bisa sampai sore. kalau dihitung saya tidur antara 7 – 8 jam, tapi apa yang terjadi ? ketika bangun yang saya rasakan adalah badan lemes bukan main dan kepala rada pusing. kenapa bisa begitu ? bukannya waktu tidurnya sudah cukup ?

Ternyata permasalahannya disini bukan sekedar kuantitas, melainkan kualitas tidur itu sendiri. Memang pada dasarnya Allah Swt menciptakan malam dan siang karena ada maksud dibalik tersebut, bukan tanpa alasan. Diciptakannya siang hari untuk beraktifitas dan malam hari untuk ibadah dan beristirahat. Bukan malah sebaliknya.

5. Terhambatnya proses belajar 

Untuk anak sekolah dibiasakanlah untuk tidur diawal waktu, agar tercukupinya waktu istirahat. Jika si anak tersebut tidur sampai larut malam, dikhawatirkan si anak akan kekurangan waktu istirahat dan dampaknya bisa membuat dia kesiangan berangkat ke sekolah. Dan terburu – buru dalam mempersiapkan segala sesuatu.

Dan ini bisa membuat dia tidak disiplin, ketika si guru menerangkan pelajaran di kelas, maka si anak pastinya tidak akan konsentrasi dengan apa yang dijelaskan. Bahkan lebih parahnya lagi tertidur saat jam pelajaran berlangsung.

Berikutnya mari kita bahas manfaat bangun pagi, let’s go

 

Manfaat Bangun Pagi

1. Mood

Dengan tidur yang cukup dan bangun lebih awal, dapat membuat mood menjadi lebih baik, dilansir dari sahabatnestle.co.id menurut penelitian yang diterbitkan oleh journal emotion pada tahun 2012, bahwa bangun lebih pagi bisa memberikan perasaan lebih bahagia dan dapat berpikir positif.

2. Rasa Syukur

Sebelum memulai segala aktifitas dipagi hari, alangkah baiknya kita sempatkan untuk mengucap rasa syukur kepada tuhan semesta alam, sang empunya jagat raya ini.

Bagi umat muslim, bangun lebih pagi mempunyai makna tersendiri selain ungkapan rasa syukur. Dilansir muslim.or.id, Rasulullah Saw bersabda

 

“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik dari pada dunia dan seluruh isinya.”         (HR. Muslim 725).

merupakan suatu kesempatan berharga yang tidak sepatutnya di sia siakan oleh hambaNya, dan suatu keutamaan yang agung, yang diberikan oleh Allah Swt sebagai karuniaNya untuk hambaNya

3. Prepare 

Inilah manfaat bangun pagi, yes .. prepare. Kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik tanpa dikejar – kejar waktu. Bahkan jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan disiplin, ini bahkan menjadi habit bagus untuk kedepannya dalam hal apapun untuk menuju kesuksesan.

4.  Pola Makan Yang Sehat

Dengan bangun kesiangan, secara otomatis jam makan akan berubah. Yang seharusnya sarapan di jam 5 atau 6 pagi malah bergeser lebih siang lagi. Tentunya bukan hal bagus kan.. maka dari itu dengan sarapan tepat waktu, kita bisa menjaga pola makan dengan baik.

Dilansir sahabatnestle.co.id menurut penelitian yang dilakukan oleh Northwestren University pada 2011, bahwa orang – orang yang tidur larut malam dan bangun lebih siang mengomsumsi lebih dari 248 kalori perhari, atau 2 kali lebih banyak dari makanan cepat saji. Mereka juga hanya melahap setengah porsi buah atau sayur dari jumlah yang direkomendasikan

5. Lebih Produktif

Bagi seorang penulis ada 2 waktu yang baik untuk menulis. Pertama di waktu malam, kenapa ? karena diwaktu malam seorang penulis mendapatkan ketenangan dan dapat berfikir jernih.

Sedangkan diwaktu pagi seorang penulis mempunyai banyak willpower, apa itu willpower ? willpower adalah sumber daya terbatas yang terus menguap sepanjang hari. Kita banyak memilikinya ketika bangun dan sangat sedikit sebelum kita tidur.

kita bisa lebih kreatif dan produktif di pagi hari, dan tahukah kamu bahwa aktivitas kreatif berada dipuncak selama dan setelah tidur. Dan pada saat yang sama bagian analytical otak menjadi lebih aktif.

6. Meningkatnya Daya Tahan Tubuh

Semakin kita melakukan aktifitas yang sehat dan benar, maka lama kelamaan metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik, maka secara otomatis sistem imun dalam tubuh akan meningkat.

Dilansir oleh sains.kompas.com menurut David nieman selaku direktur Performance Lab di Appalachian State University menyebut salah satu faktor penting untuk sistem imun yang baik adalah olahraga.

“Jika melihat faktor gaya hidup yang mengurangi jumlah hari Anda menderita flu, menjadi orang aktif dan bugar adalah yang paling penting,” dikutip dari Time, Kamis (20/12/2018).

7. Olahraga

Dengan bangun lebih awal, dapat memberikan kita waktu untuk berolahraga. Disaat cuaca sudah tidak mulai stabil, dari yang tadinya cerah lalu tiba – tiba hujan, tubuh kita gampang sekali terserang penyakit, apalagi kita setiap harinya dituntut untuk tampil dalam keadaan fit disetiap aktifitas.

Maka olahraga merupakan salah satu solusi agar tubuh kita bisa tetap fit, namun.. jangan terlalu memforsir dan memaksakan diri, cukup lakukan olahraga yang mudah untuk kita lakukan.

Tapi masalanya gimana sih agar tidur kita itu berkualitas ? bukanhanya sekedar berapa lamanya waktu tidur tersebut, agar tidak seperti apa yang saya alami seperti kejadian diatas.

Yuk kita bahas lagi.. alright.. let’s go..

Tidur Berkualitas

1. Tidur Lebih Awal

Coba kalian olahraga di sore hari, karena dengan begitu energi kita akan benar – benar terkuras, maka dengan begitu kita lebih mudah untuk tidur. Bisa juga dengan membaca buku favorit kalian atau mendengarkan musik. Terkadang kalau saya susah tidur saya mencoba dengerin musik kesukaan saya, cara itu sering sekali berhasil.

Jangan sampai kebiasaan begadang menjadi sebuah habit, kalau sampai menjadi kebiasaan lama kelamaan pola hidup kita bisa berubah, layaknya kelelawar.

Kan keren bang biar kaya Batman.. 😃

Hadeeuuh.. 😨 ( ya itu kan cuman di film tampan… )

Nantinya jam tidur kita, kita pakai untuk aktifitas yang sia – sia, masih mending jika ada hal pekerjaan dan suatu tanggung jawab, tapi kalau sekedar senang – senang lalu nongkrong sampai larut malam, itu merupakan hal bodoh.

Bagi saya itu merupakan buang – buang waktu, saran saya lebih baik segera tinggalkan hal sia – sia seperti itu, gunakan waktu luang mu sebelum waktu sempit mu.

Dilansir Doktersehat.com menurut studi terbaru oleh Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc. dari Pusat Medis University of Rochester Medical Center, saat tidur dimalam hari organ otak akan bekerja maksimal untuk membuang racun serta sisa – sisa aktifitas syaraf yang menumpuk di bagian otak selama beraktifitas seharian.

Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer, serta kelainan pada syaraf. Hal inilah yang menjadi alasan kuat, tidur pada malam hari berperan penting dibanding begadang setiap malam.

2. Makan Berlebihan Sebelum Tidur

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, terutama dalam hal makan. Nabi Muhammad Saw mengajarkan kita agak makan tidak berlebihan, 1/3 untuk makan 1/3 untuk air dan 1/3 lagi untuk udara. Maka ini merupakan suatu hal yang baik untuk kesehatan.

Makan dalam porsi banyak sebelum tidur juga tidak baik, karena akan rentan terkena sensasi terbakar pada dada atau lebih dikenal dengan Heartburn. maka dari itu alangkah bijaknya kita menghindarinya.

3. Kafein 

Minuman berkafein seperti kopi, sebaiknya tidak dianjurkan untuk diminum sebelum tidur, kenapa ?

karena efeknya bisa membuat seseorang terjaga dari tidurnya. Kecuali jika memang dia sedang ada tugas dan tanggung jawab pada malam hari sampai pagi, seperti ngeronda keliling desa atau sebagainya.

Dan minuman berkafein tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, cukup seperlunya saja.

Lalu masalah selanjutnya adalah bagaimana agar bisa dengan mudah bangun pagi, yuk kebawah lagi..

Bangun Lebih Mudah

1. Alarmy

Kalau memakai alarm bawaan smartphone biasanya tidak efektif, sebelum tidur sudah kita set akan berbunyi pada pukul berapa, lalu ketika alarmnya sudah bunyi maka dengan mudahnya kita akan mematikanya kembali dengan memencet tombol snooze, betul gak ? itulah yang sering saya hadapi sampai saya bosan.

Lalu setelah mencari di Playstore, ketemulah aplikasi Alarmy. Ratingnya bagus dengan skor 4,7 dan ulasan sebanyak 848 ribu. Dengan ukuran lumayan kecil sebesar 14 mb dan sudah terdownload sebanyak 10 juta lebih pengguna.

Di aplikasi ini fiturnya banyak dan keren, kita bisa memilih dengan cara apa, agar ketika nanti alarmnya berbunyi, kita tidak dengan mudahnya mematikan alarm tersebut. Karena sebelum tidur kita akan set dengan cara apa, bisa dengan soal matematika dan bisa kita tentukan sendiri levelnya dari yang mudah sampai yang sulit.

Ada juga dengan mode foto, kita tentukan dulu foto mana yang akan kita pakai untuk mematikan alarm tersebut ketika nanti berbunyi, ada juga dengan cara di goyang dan masih ada yang lain lagi. So.. nunggu apa lagi ? udah buruan download gih..

2. Minta Tolong Seseorang


Sebuah cara klasik dengan tingkat keberhasilan yang bisa dikatakan lumayan manjur, tinggal minta tolong sama seseorang, bisa itu keluarga kita, teman bahkan saudara. Beda lagi kalau kita termasuk kategori yang susah dibangunin, kita bisa minta dia untuk membangunkan kita dengan cara yang udah disepakati sebelumnya.

Bisa dengan siraman atau cipratan air, atau apa saja, yah.. sepintar – pintarnya kita aja bagaimana mensiasatinya.

3. Berdo’a

Jangan pernah sekali – kali kita remehkan kekuatan do’a

Kita serahkan segala sesuatunya kepada sang pencipta, mohonlah kepadaNya agar kita dipermudah saat bangun dipagi hari. Insya Allah kita akan dipermudah untuk bangun. Dengan begitu hati kita menjadi lebih tenang, percayalah padaNya, pasti Dia akan membantu kita.

Bukankah Dia yang menghidupkan dan mematikan segala sesuatu ?

Karena tiada daya dan upaya selain dari Nya, kita harus yakin bahwa Dia akan selalu menolong kita, karena dia selalu ada bersama kita, dan Dia bersama persangka hambaNya.

4. Clocky Alarm


Nanda Gauri, seorang mahasiswa pasca sarjana di MIT Media Lab, yang memenangkan hadiah nobel Ig 2005 bidang ekonomi, atas karyanya yang diciptakan untuk kelas desain industri.

Dia menciptakan alarm bernama Clocky, Nah clocky alarm ini berbeda dengan alarm pada umumnya. Karena clocky ini adalah alarm yang dilengkapi dengan roda, sehingga memungkinkan dia untuk bersembunyi, dan secara otomatis si empunya jam ini akan bangun dari tidurnya dan mencari alarm tersebut.

Clocky ini dilengkapi dengan mikroprosesor yang memastikan bahwa perangkat akan bergerak dengan kecepatan acak, dengan rodanya yang besar melebihi jam itu sendiri, berguna agar dapat terlindungi jam tersebut jika mengenai benturan.

Untuk harganya sendiri masih cukup terjangkau, di market place dikisaran harga 130.000 ( relative ). Dan warnanya disini bermacam – macam, tinggal milih aja sesuai selera.

Atau bisa juga kalian cek langsung di websitenya https://clocky.com/

Gimana.. tertarik untuk mencoba ?

Nah setelah kita mengetahui dampak baik dan buruknya, mari sama – sama kita perbaiki kualitas hidup kita, dari hal yang mudah dulu tentunya. Hidup ini kita yang menentukan mau dibawa baik atau enggaknya, kita yang mengatur.

Mohon koreksi jika ada kesalahan, semua data diatas sudah saya sertakan dengan linknya. Semoga bermanfaat, mohon kritik dan saran yang membagun.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan silahkan dishare.

Sumber Gambar : Free-images.com

Sinopsis Film The Shawshank Redemption

IN THE NAME OF ALLAH,
MOST GRACIOUS MOST MERCIFUL

 

( Spoiler Alert ! )

Bagaimana rasanya jika difitnah dan dihukum penjara 2 kali seumur hidup ? dan itu semua bukan atas kesalahan anda . Pastinya sangat menyakitkan bukan, Anda seperti dalam badai tornado yang besar, Jika itu berlangsung terus menerus mungkin bisa membuat anda kehilangan sesuatu bagian terpenting dalam hidup anda, Yang anda punya ! yaitu semangat hidup anda.

Jika anda dalam situasi seperti itu apa yang anda lakukan ? what can you do?… atau mungking menyerah dengan keadaan ? Sepertinya itu bukan solusi yang baik. Di film ini kita semua akan belajar tentang sebuah arti harapan, Ya harapan itu bagaikan setitik cahaya dalam gelap dan kelak setitik cahaya itu akan menyebar serta memberi manfaat bagi orang lain.

Rilis : 1994
Durasi : 142 Menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris
Distributor : Columbia Pictures
Sutradara : Frank Darabont
Pemeran : Tims Robbins
: Morgan Freeman
: Bob Gunton
Genre : Drama,Crime
Alur : Maju

 

Disebuah negara di bagian maine sedang dilangsungkan persidangan atas kejadian pembunuhan terhadap seorang wanita dan selingkuhannya, dan pelakunya sendiri adalah suami dari wanita tersebut, yaitu Andy Dufresne.

selama persidangan berlangsung terdakwa andy dufresne selalu tersudutkan dengan pertanyaan yang dilayangkan pada dirinya.

Lawyer :
Hadirin sekalian, kalian telah mengetahuinya ada tersangka di TKP, ada sidik jari tersangka di beberapa barang bukti seperti jejak ban mobil, peluru yang berserakan ditanah serta beberapa pecahan botol. Dan yang terpenting adalah terdapat mayat wanita muda cantik dan selingkuhannya yang tewas diranjang, meraka memang berzinah. Tapi apakah mereka pantas untuk dibunuh ?
Ini adalah sebuah balas dendam !

Hakim :
Tuan dufresne saya mengganggap anda ini orang yang dingin. Dengan melihat wajahmu saja membuat saya gemetar, dengan wewenang yang diberikan pada saya oleh negara bagian maine. Dengan ini pengadilan menjatuhkan hukuman penjara 2 kali seumur hidup, setiap hukuman untuk masing – masing korban.
Sidang Ditutup !

vlcsnap-5823-09-26-23h28m22s229

Seorang pria paruh baya sedang melangkahkan kakinya kesuatu ruangan, seorang narapidana yg sudah menghabiskan waktunya  selama 20 tahun di penjara shawshank dan sekarang dia sedang di interview untuk pembebasan bersyaratnya.

Petinggi penjara :
Ellis Boyd Redding…
Red :
iya pak
Petinggi penjara :
kulihat arsipmu apa benar kau sudah menjalani masa hukumanmu selama 20 tahun ?
Red :
betul pak
Petinggi penjara :
apa kau merasa sudah terehabilitasi ?
Red :
iya.. tentu saja pak
Aku telah banyak belajar dari hukumanku, dan aku sudah berubah lebih baik, dan saya kira saya tak berbahaya lagi untuk masyarakat, Itu yang sejujurnya.

vlcsnap-5274-04-11-09h20m40s437

Tidak berselang lama setelah itu sebuah mobil berwarna putih melaju dengan kecepatan sedang menuju penjara shawshank, dan didalam mobil tersebut terdapat beberapa narapidana baru. Sesampainya di shawshank mereka disambut oleh Tuan Hadley, ia adalah kepala sipir di penjara tersebut, dan beberapa sipir yang lainnya. Mereka pun digiring menuju ke sebuah ruangan.

vlcsnap-2668-01-15-11h18m44s423

Setibanya disana mereka dibariskan rapi, dengan borgol dan rantai yang masih mengikat mereka. Setelah itu mereka pun disambut oleh Tuan Norton selaku kepala penjara di shawshank, dia pun mengenalkan dirinya dan memberi informasi tentang peraturan yang ada di penjara tersebut, baik berupa larangan dan hak mereka yang dijelaskan secara singkat olehnya.

Norton :
Selamat datang di shawshank. Disini kalian milikku !

vlcsnap-6265-05-20-23h53m40s510

Setelah briefing singkat tersebut mereka dimandikan satu persatu menggunakan selang air yg besar mirip seperti pemadam kebakaran. Setelah selesai dimandikan mereka ditaburkan bedak kutu kesekujur badan mereka, layaknya seperti bayi yang baru dilahirkan kedunia. Dibariskannya mereka telanjang menuju sel nya masing – masing,
setelah mereka masuk sel dan jeruji besi tertutup dengan kencang disitu mereka sadar kenyataan yang sedang mereka hadapi.

Kehidupan lama terhempas begitu saja bagai pasir yang tertiup angin, dan yang tersisa hanya waktu untuk mengenangnya.

vlcsnap-4894-09-24-00h45m31s424

Dimalam pertama pasti selalu ada yang menangis, itu terjadi disetiap saat dan para tahanan lain menjadikan mereka bahan taruhan dan menantikan siapa yang akan menangis malam ini, red bertaruh untuk andy.

Pagi hari pertama di penjara bagi andy itu merupakan hal yang baru. Para tahanan berbaris dan mengantri dengan tertib untuk mendapatkan sarapannya masing – masing,

vlcsnap-8038-05-07-15h50m02s384

Nampak ada yang janggal di menu sarapan andy lalu ia periksa dengan seksama  dan yang ia temukan adalah seekor belatung yang masih hidup yang menggeliat kesana kemari.

Brooks :
apa kau akan memakannya ?
Andy :
( dengan sedikit bingung ) aku belum merencakannya
Brooks :
boleh kuminta ?
Andy :
( tanpa berpikir lagi andy langsung memberikannya )
Brooks :
Kelihatannya enak dan matang. ( lalu brooks membuka sedikit sweternya dan keluarlah kepala burung gagak dari kantong sweternya, lalu brooks memberikan belatung itu pada gagak tersebut. )
Brooks :
Jake ( burung gagak ) mengucapkan terima kasih padamu. Ia terjatuh dari sarangnya didekat bengkel kerajinan logam, akan kurawat dia sampai cukup besar untuk terbang.

Sehabis itu heywood pun datang dengan wajah gembiranya, Red dan kawan – kawan nampak tak suka atas kedatangannya. yah … ajang pertaruhan semalam heywood yang memenangkan dia bertaruh untuk si gendut yang menangis dimalam hari. Dan malang bukan kepalang itulah malam terakhirnya di shawshank dan merupakan malam terakhirnya didunia.

Suara tangisnya membuat kebisingan dan memancing kedatangan hadley, hadley pun memperingatkannya untuk diam atau dia akan menghajarnya, ternyata peringatan hadley tidak ia gubris dan tanpa basa basi hadley pun menunjukan kebengisannya.

vlcsnap-0956-01-17-06h53m47s728

Suara pancuran air menggema di sekitar ruangan, dengan tampang lesunya andy sedang membersihkan diri. Sesosok pria datang menghampirinya lalu menawarkan sesuatu kepada andy.

Bogs :
apa sudah ada yang menghampirimu ?
Andy :
( andy tidak bergeming )
Bogs :
adakah yang mendatangimu ? kita semua butuh teman ditempat seperti ini dan aku bisa menjadi temanmu
Andy :
( dengan tatapan tidak suka andy pun langsung pergi meninggalkannya )
Bogs :
teman memang susah didapatkan … aku suka itu ( sambil menggosok badannya )

vlcsnap-4763-09-03-13h15m24s873

Diawal kehidupannya di penjara andy cenderung pendiam, mungkin dia berusaha beradaptasi dengan lingkungan di penjara, tidak sampai sebulan andy mulai berbicara pada seesorang, dan itu adalah red. Setelah memperkenalkan dirinya kepada red dan sedikit basa basi, andy langsung mengutarakan maksud tujuan nya.

Andy :
Aku tahu kau ini orang yang bisa mendapatkan barang kan ?
Red :
Memangnya kenapa ?
Andy :
Bisakah kau mencarikan aku ” Rock Hammer
Red :
Untuk apa ?
Andy :
Apa pedulimu?
Red :
Jika kau meminta sikat gigi aku tidak akan bertanya karena sikat gigi bukan barang yang berbahaya
Andy :
Baiklah, Martil yang panjangnya enam atau tujuh inci, mirip kapak kecil, untuk batu
Red  :
lalu ?
Andy :
Seenggaknya itu dulu kebiasaanku, aku ingin melakukannya lagi
Red :
Atau jangan – jangan kau ingin menamcapkan palu mu dikepala seseorang
Andy :
Tidak … disini aku tak mempunyai musuh
Red :
Apa kau yakin ? ada gosip yang beredar bahwa sister menyukaimu. terutama Bogs
Andy :
Tidak ada gunanya menjelaskan kepada mereka bahwa aku bukan homoseksual
Red :
Apa akan kau gunakan untuk menggali terowongan untuk kabur
Andy :
( Sambil tersenyum )
Red :
Apanya yang lucu
Andy :
Kau akan paham jika melihat palunya
Red :
Berhati – hatilah karena disini akan ada pemeriksaan mendadak
Andy :
Baiklah aku mengerti. Terima kasih Tuan….
Red :
RED

vlcsnap-9098-07-23-08h52m11s038

Red menepati janjinya pada andy, pesanan pun tiba. Ketika red membuka bungkusan tersebut dia pun paham apa yang andy tertawakan, ketika ia melihat ukuran palu tesebut.


palu

Di shawshank andy bekerja dibagian binatu mungkin semacam laundry pakaian, ditengah – tengah pekerjaannya mereka yang bekerja di binatu kehabisan suatu bahan, lalu andy pun disuruh untuk mengambilnya kebagaian belakang binatu. Setalah sampai disana ternyata  dia dijebak oleh sister, mereka telah menunggunya disana. perkelahian pun tak dapat terelakkan antara andy dan sister, 3 melawan 1 sungguh bukan perkelahian yang adil

Penjara bukanlah dunia dongeng, kehidupan dipenjara terdiri dari beberapa rutinitas. Terkadang andy muncul dengan wajah lebam nya, sister selalu mengincarnya setiap ada kesempatan, terkadang andy mampu mengalahkan mereka dan terkadang tidak.

vlcsnap-9654-06-04-09h35m03s034

2 tahun pertama andy merupakan tahun terburuk untuknya

Suatu keberuntungan bagi andy dimusim panas bulan mei 1949, pihak penjara membutuhkan 12 orang untuk bekerja diluar ruangan selama seminggu untuk melapisi bagian atas pabrik. Lebih dari 100 tahanan berpartisipasi untuk menjadi bagian dari 12 orang tersebut. Dan yang terpilih dari hasil pengundian adalah red dan kawan – kawan, sudah tentu andy terpilih dikarena red sudah menganggapnya sebagai teman.
Dia hanya perlu menyuap  satu orang sipir dengan satu bungkus rokok.

Disiang hari ketika andy dan kawan – kawannya sedang asik bekerja melapisi bagian atap bangunan, tuan hadley sedang membicarakan permasalahan yang sedang dia alami, baru – baru ini hadley mendapatkan uang sebesar 35.000 $ dan dia kebingung untuk mengurus uang tersebut dan harus ia apakan.

Salah satu kerisauannya adalah uang yang dia terima akan terkena potongan pajak. bukannya senang mendapatkan uang yang jumlahnya lumayan tapi hadley malah merisaukannya.

Tidak sengaja pula perbincangan mereka terdengar oleh andy, yang secara notaben andy adalah mantan seorang bankir di sebuah bank di portland. Tiba – tiba ada sesuatu yang terlintas dibenak andy, andy langsung menjatuhkan pel yang  sedang ia pegang dan secara perlahan ia berjalan menuju kearah hadley dan sipir – sipir yang lainnya. Red sudah berusaha menahan andy agar andy fokus pada pekerjaannya, namun tidak ia hiraukan.

Hadley dan sipir yang lainnya terkejut atas kehadiran andy disisi mereka. Mereka dengan kerasnya menodongkan senapan ke arah andy, dan menanyakan apa yang dia perbuat disini bukannya bekerja ditempatnya, dengan sedikit gugup andy ingin menawarkan bantuan kepada hadley dan menjelaskannya.

Belum selesai dia menjelaskan dengan kasarnya hadley menggenggam kerah baju andy dan langsung menariknya dengan bermaksud mendorongnya dari tepi atap ke bawah. dengan wajah pucat dan ketakutan andy mencoba menjelaskan bantuan yang ia tawarkan, seketika itu juga hadley menghentikan tarikannya. Dan kini posisis mereka berada di tepi pinggiran atap.

vlcsnap-4478-12-10-02h11m23s899

Andy :
Apa kau percaya pada istrimu ?
Hadley :
Apa… sangat lucu !
Andy :
Jika kau percaya padanya kau bisa menyimpan uang 35 ribu $ itu
Hadley :
Apa kau bilang ?
Andy :
35.000 $
Andy :
Jika kau ingin menerima uang itu berikanlah pada istrimu, dan IRS akan memberi satu kali hadiah untuk istrimu maksimal hingga 60.000 $
Hadley :
Omong kosong !! bebas pajak ?
Andy :
Ya bebas pajak, dan IRS tidak bisa menyentuh 1 sen pun
Hadley :
Kau memang bankir pintar yang telah membunuh istrimu, kenapa juga kau harus percaya padamu ? agar nasib ku sama seperti mu ?
Andy :
Jika kamu tidak percaya kau tanyakan saja pada IRS mereka akan mengatakan hal yang sama, aku meresa bodoh telah memberitahumu dan aku yakin kau akan menyelidikinya sendiri
Hadley :
Aku tidak perlu nasihatmu !
Andy :
Tapi kau perlu seseorang untuk mengurus uangmu itu kan … ? , kalau kau memakai jasa pengacara tentunya biayanya mahal.
Dan aku bisa mengurusnya untuk mu dan itu bisa lebih menghemat uangmu. kau ambil formulirnya lalu aku akan mempersiapkannya nyaris tanpa biaya, sabagai imbalannya aku hanya minta 3 botol bir untuk setiap temanku. Karena pria yang bekerja diluar ruangan akan merasa lebih dihargai jika ia mendapat sebotol bir, itu hanya pendapatku. Tuan…

Secara tidak langsung hadley menerima tawaran andy, wajah gembira terlukiskan ketika red dan kawan – kawan menengguk tiap botol bir yang disediakan oleh hadley, satu botol bir dingin yang siap menghilangkan dahaga mereka, dibawah sinar mentari yang hangat. Andy hanya mecoba untuk membuat tali persahabatan antara dia dan yang lainnya.

vlcsnap-8473-10-26-17h32m11s840

 

Salah satu hiburan bagi para tahanan di shawshank adalah menonton bioskop, yah … walaupun film tersebut diputar berulangkali, tapi mereka tetap menikmatinya. Di tengah asiknya mereka sedang menonton tiba – tiba saja andy menghampiri red.

Andy :
Red, aku tahu kau ini orang yang bisa mendapatkan barang
Red :
Apa yang kau inginkan ?
Andy :
RITA HAYWORTH
Red :
( Sedikit terkejut )
Andy :
Kau bisa mendapatkannya ?
Red :
Aku butuh beberapa minggu
Andy :
Beberapa minggu ?
Red :
Karena sekarang dia tidak ada di kantong celanaku
Red :
Tapi aku akan mendapatkannya. Relax
Andy :
Thanks

Setelah menyampaikan maksudnya pada red, andy langsung bergegas pergi. Tapi sayang sekali, sister telah menunggunya diluar dan tanpa banyak omong mereka menyeret andy ke ruangan dibelakang layar. Seperti yang kalian kira apa yang akan terjadi, andy dengan sekuat tenaga melalukan perlawanan kepada sister, cuman sayang dia kalah jumlah, kali ini sister menyiksa andy sampai membuatnya nyaris mati.

Karena perbuatan tersebut andy mengalami perawatan selama 1 bulan diklinik, lalu bogs dia ditahan disel pengasingan selama 1 minggu. 1 minggu telah berlalu, bogs diizinkan kembali ke selnya dan dengan santai dia berjalan menuju ke selnya dan tanpa dia sadari seseorang telah menunggu di sel tersebut.

Sesampainya disel bogs tekejut karena ada hadley disana, tanpa banyak omong hadley menghajar bogs sampai di meringis kesakitan dan dengan sekuat tenaga dia meminta tolong, namu sayang tidak ada yang mendengarnya lalu dia pun disiksa sampai babak belur.

Dan keesokan harinya bogs dipindahkan ke rumah sakit negara berpengamanan minumum, dia habiskan sisa umurnya disana dan makan melalui sedotan. sejak saat itu sister tidak pernah mengganggu andy lagi.

vlcsnap-4819-01-24-09h48m43s285

Sebulan telah berlalu andy kembali ke selnya, lalu dia dapati sebuah bungkusan panjang berwarna cokelat. Dengan sedikit penasaran andy membukanya dan yang dia dapati dihadapannya adalah rita hayworth, yah sebuah poster rita hayworth yang lumayan besar dan ada beberapa tumpukan batu alabaster sebagai hadiah dari teman – temannya.

Apa yang diwanti – wanti red benar – benar terjadi, keesokan harinya ada pemeriksaan mendadak. satu persatu  sel tahanan yang lain digeledah dan sampailah penggeledahan pada selnya andy. disana ada hadley dan tuan norton, mereka mengamati dengan seksama ruangan kecil tersebut, norton pun tertarik dengan apa yang andy pegang dan dia pun mengambilnya.

Norton :
Aku senang melihatmu membaca ini
ada bagian yang kau suka ?
Andy :
” Karena itu berjaga – jagalah, sebab kamu tidak tahu bila pemilik rumah itu pulang ”
Norton :
Markus 13 bab 35, aku selalu suka ayat itu. tapi ada yang lebih ku suka
” Akulah terang dunia, barang siapa mengikuti aku, dia tidak akan berjalan dalam kegelapan ”
Andy :
Johanes bab 8 ayat 12
Norton :
Kudengar kau jago dalam berhitung, itu bagus sekali. Memang seharusnya setiap orang memiliki keterempilannya masing- masing.

Pandangan norton tertuju pada poster rita hayworth, awalnya di tidak menyukai hal tersebut tapi karena ada pengecualian maka norton pun tidak mempermasalahkannya. Setelah selesai mereka meninggalkan andy.

vlcsnap-6299-10-27-17h56m56s741

Norton sebenarnya hanya ingin menilai kepribadian andy dari penggeledahan tersebut, keesokan hari andy dipanggil keruangannya untuk menanyakan apakah dia betah berkerja di laundry atau tidak. Sekaligus mencarikan andy pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahliannya.

Andy mengatakan dengan sejujurnya bahwa dia tidak kerasan berada di laundry, norton mengerti apa yang andy rasakan dan sejak saat itu dia dipindahkan ke bagian perpustakaan. Secara tidak langsung brooks mendapat teman baru, mengingat diusianya yang tidak muda lagi, dengan kedatangan andy di perpustakaan itu sangat membantu pekerjaan brooks, dan dalam sekejab mereka berdua menjadi teman akrab.
Eitss … tunggu dulu, mereka berdua ?
sepertinya ada yang tertinggal, yap … kita melupakan jake, sekarang ia sudah besar dan siap untuk terbang bersama teman gagaknya yang lain.

Kabar tentang dipindahkannya andy ke bagian perpustakaan menyebar dengan cepat, kawan – kawannya sempat tidak percaya mendengar kabar tersebut. Disaat asiknya mereka sedang makan, andy mengungkapkan idenya kepada mereka tentang bagaimana agar bisa menambahkan buku – buku baru dan mengembagkan perpustakaan agar terlihat lebih baik lagi.

Mereka semua merespon ide tersebut dengan baik, namun permasalahannya adalah “Bagaimana caranya ?”
dengan spontan andy menjawab pertanyaan mereka bahwa dia akan meminta dana kepada kepala penjara.

Brooks langsung menimpalinya dan berkata pada andy bahwa selama dia ada di shawshank sudah ada 6 kali pergantian  kepala penjara, dan tidak satupun dari mereka yang memberikan dana yang kau minta.

Mendengar apa yang dijelaskan oleh brooks tidak membuat andy putus asa, andy lalu menemui norton disela – sela jam kerjanya dan ia mengutarakan niatnya tersebut pada norton. Dengan sedikit negosiasi nortonpun mengizinkan andy untuk menulis surat permintaan anggaran dana kepada bagian senat sebanyak 1 kali selama seminggu.
vlcsnap-5553-12-14-07h32m59s539

Setelah mendapat izin andy langsung menulis surat tersebut sebanyak 1 kali selama seminggu, persis seperti yang dia katakan dan dia membuktikannya.
Dan seperti yang norton katakan juga
Surat tersebut tidak ada satupun yang mendapat balasan.

Setahun setelah itu andy mempunyai pekerjaan baru, dia mengurus pajak semua sipir yang ada dipenjara shawshank. Termasuk norton
Kesibukannya mengurus pajak membuat andy sedikit kualahan dan untuk itu andy meminta satu orang staff baru untuk membantu dia mengurus pajak – pajak tersebut,
Dan itu adalah red, selama itu juga andy masih tetap mengirim surat secara rutin tanpa kenal lelah.

Suara dentuman kaki terdengar nyaring di tangga, dengan wajah panik dan tergesa – gesa floyd memberitahu andy dan red  ada suatu hal yang genting di perpustakaan, dan itu semua tentang brooks.

Dengan sigap mereka bertiga berlari cepat menuju perpustakaan dan sesampainya disana mereka terkaget – kaget mendengar suara teriakan terdengar sampai ujung ruangan. Dan terlihat jelas bagaimana takutnya heywood ketika lehernya sudah mengeluarkan sebercak darah yang berasal dari pisau tajam yang menempel di lehernya.

vlcsnap-4429-02-05-06h38m36s803

Red :
Floyd … Kau jaga pintunya !
Floyd :
Ok
Jigger :
Brooks tenanglah !
Brooks :
Mundur kalian semua !! ( teriaknya )
Red :
Ada apa ini ?
Jigger :
Pada awalnya brooks biasa – biasa saja, lalu entah mengapa tiba – tiba dia menodongkan pisaunya

Red :
Brooks kita bisa bicarakan ini
Brooks :
Tidak ada yang perlu dibicarakan ! akan kupotong lehernya
Red :
Hey … tunggu dulu, memangnya apa yang dia lakukan padamu ?
Brooks :
Bukan dia, tapi Mereka !  aku tidak punya pilihan lain

Andy :
Kau tidak akan menyakitinya dan kami semua tahu itu, benarkan heywood ?
Heywood :
Iyaa … tentu saja ( dengan wajah ketakutan )
Andy :
Karena aku tahu dia itu temanmu
dan kau adalah pria yang bijaksana
Red :
Andy benar kan teman – teman ? ( mencoba meyakinkan yang lain )
Jigger :
Iya …
Andy :
Jadi letakkan pisaunya brooks !
Dan sekarang lihat aku
LETAKKAN PISAUNYA !
Demi Tuhan lihatlah lehernya … dia berdarah
Brooks :
Hanya ini cara agar aku tetap disini ( sambil menangis )

Perlahan brooks melepaskan heywood dan menjatuhkan pisaunya berbarengan dengan isak tangisnya. Andy menghampirinya dam mencoba menenangkannya  bahwa dia akan baik – baik saja dan tidak akan terjadi apa – apa.
Heywood lalu menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, bahwa dia hanya datang untuk mengucapkan salam perpisahan kepada brooks karena pembebasan bersyaratnya telah tiba, seketika itu juga red dan andy nampak heran.

Penjara ini sangat lucu, pertamakali kau akan membencinya, kemudian seiring waktu berjalan kau akan terbiasa dengannya, dan setelah itu kau akan menjadi ketergantungan. Itulah yang dimaksud bagian dari penjara.

Begitu juga yang brooks alami, seorang pria tua yang menghabiskan sebagian besar sisa waktunya di penjara, dan tidak terasa sudah 50 tahun lebih dia berada disana.
Mungkin dipenjara ini brooks merupakan orang yang penting, tapi diluar sana … entah hal apa yang akan terjadi padanya.

vlcsnap-5369-01-15-08h54m16s972

Kabar baik datang menghampiri andy,
ada sepucuk surat yang dialamatkan untuknya
lalu dia buka surat itu dengan perlahan…

Untuk Tuan Dufresne

Atas permintaan anda yang ditunjukkan kepada negara bagian
untuk dana proyek perpustakaan
dengan ini kami berikan anda cek sebanyak 200$
ditambah perpustakaan daerah memberi donasi buku bekas
dan beberapa barang lainnya

kami harap ini bisa memenuhi kebutuhan anda
dan kami anggap masalah kita selesai
dan tolong berhenti kirimi kami surat.

Kegembiraan terlukiskan diwajahnya, 6 tahun bukanlah waktu yang singkat hanya untuk menulis surat, sejak hari itu andy tidak lagi menulis 1 surat selama seminggu, melainkan 2 surat sekaligus.

10 tahun berlalu tiba masanya bagi red untuk menjalankan pembebasan bersyaratnya yang kedua kali. Pertanyaan yang sama diajukan, begitu juga dengan jawabannya, dan hasil yang sama  juga yang dia peroleh.

30 tahun sudah red berada di shawshank, sebagai seorang teman yang baik andy mencoba untuk menghiburnya, dan memberikan sebuah hadiah,
sebuah harmonika berukuran kecil.
Red merasa senang atas hadiah yang diberikan andy untuknya dan mengucapkan terimakasih, Red tidak ingin ketinggalan dengan andy, tidak berselang lama dia memberikan hadiah juga untuk andy.

Andy memang orang yang sangat gigih, surat yang dia tulis 2 kali seminggu untuk senat membuahkan hasil, akhirnya pada tahun 1959 bagian senat tidak bisa membuat andy diam dengan cek 200$, maka dari itu mereka memutuskan untuk mengalokasikan dana sebanyak 500$ pertahun utuknya.

Apa yang andy lakukan sejauh ini membuat red berdecak kagum, dengan bijak andy mengelola uang tersebut sebaik mungkin, salah satunya adalah dengan membuat perjanjian dengan kelompok amal, beberapa klub buku dan membeli buku secara kiloan. Hasilnya pun terlihat, andy telah menyulap perpustakaan shawshank menjadi perpustakaan penjara terbaik di seluruh New england.

vlcsnap-1820-09-04-12h13m59s038

Dilain situasi norton sedang mempublikasikan program yang dia buat kepada puluhan wartawan, bahwa program yang ia ciptakan akan membantu masyarakat luas, dimana para tahanan akan melakukan pelayanan masyarakat. Dan itu membuat para tahanan yang selama ini ada di dalam penjara bertahun – tahun dipersilahkan melihat dunia luar.

Ada banyak cara yang berbeda untuk menggelapkan uang, norton pun melakukan hal tersebut, dan dibalik setiap program yang dia laksanakan entah sudah berapa banyak pundi dolar yang dia peroleh. Dan dibalik setiap kesepakatan dan dolar yang dia dapatkan, disana juga ada andy yang membukukan semuanya secara tidak langsung bisa dibilang andy menjadi tangan kanannya norton.

Disiang hari suasana perpustakaan terbilang cukup sepi, disana ada andy dan red yang sedang merapikan buku -buku.

Red :
Aku dengar norton sering menggelapkan uang
Andy :
Selama 2 setengah tahun, entah sudah berapa banyak uang kotor mengalir disini
Red :
Cepat atau lambat dengan uang sebanyak itu kau harus menjelaskan dari mana asalnya
Andy :
Itulah tugasku, aku membaginya, menyaring dan menyalurkannya. Baik itu saham dan sebagainya lalu kukirim semua itu kedunia nyata, dan saat itu kembali lagi …
Red :
Uang itu sebersih perawan
Andy :
Lebih bersih lagi, dan saat norton pensiun dia akan menjadi jutawan
Red :
Dan jika perbuatannya terbongkar, maka dia akan berakhir disini
Andy :
Ku kira kau mempercayaiku lebih dari itu ( sambil tersenyum )
Red :
Andy aku tahu kau sangat mahir, tetapi semua berkas tersebut pasti akan meninggalkan jejak, dan ketika FBI atau IRS mengetahuinya pasti akan ada yang terseret
Andy :
Tapi yang terseret bukan aku ataupun norton
Red :
Lalu dia siapa ?
Andy :
Randall stevens
Red :
Siapa dia ?
Andy :
Rekan rahasia, dialah yang bersalah karena dia yang mempunyai nomor rekening tersebut
Red :
Dengan sedikit bingung ) tapi dia siapa ?
Andy :
Dia itu hantu … , aku menyulapnya dari tidak ada menjadi ada. Dia itu tidak nyata kecuali hanya ada dalam berkas
Red :
Andy … kau tidak bisa seenaknya menciptakan seseorang begitu saja !
Andy :
Tentu saja bisa jika kau tahu celahnya dan sistemnya bekerja, karena tuan randall steven mempunyai akta kelahiran, SIM, nomor jaminan sosial dan sebagainya
Red :
Jangan bercanda andy … !
Andy :
Ketika mereka mencoba melacak nomor rekening tersebut, maka mereka sedang mengejar buah imajinasiku

Red hanya bisa tersenyum dan terkagum – kagum dengan apa yang andy jelaskan.

Sedang asik – asiknya andy dan red  main catur terdengar suara sirine mobil dari kejauhan, yang menandakan akan ada tahanan baru yang datang di shawshank.

vlcsnap-3695-09-29-15h56m29s521

Dia masih muda, sangat sombong dan berandalan, dia adalah Tommy williams
” Mr. Rock and Roll ”
Masuk penjara shawshank pada tahun 1965 ditahan selama 2 tahun karena kasus pencurian dan pembobolan.

Dalam waktu singkat red dan kawan – kawan langsung menyukainya karena sifatnya yang  energik dan supel. Dia banyak bercerita tentang pengalamannya dibanyak penjara, ternyata tommy bukan sekali ini saja masuk penjara, dan menceritakan bagaimana dia tertangkap oleh polisi ketika dia tertangkap sedang mencuri sebuah TV.

vlcsnap-0507-08-14-10h10m39s827

Dengan kemahiran dan kecerdasannya andy membuka jasa pelayanan untuk membantu para tahanan mendapatkan ijasah kesetaraan SMA, mendengar hal tersebut tommy tertarik dan segera menemui andy di perpustakaan.

Tommy :
Aku dengar kau dapat membantu para tahanan untuk mendapatkan ijasah kesetaraan, jika boleh aku ingin ikut ujian tersebut.
Andy :
Aku tidak mau menghabiskan waktuku dengan pecundang
Tommy :
Aku bukan pecundang !
Andy :
Apa kau bersungguh – sungguh ?
Tommy :
Iya tentu
Andy :
Kau benar serius ?
Tommy :
Iya pak, aku serius
Andy :
Bagus … karena jika kita melakukan ini kita tidak boleh setengah – setengah

Disetiap ada keinginan pasti ada jalan, begitu juga ada rintangan dan permasalahan.
Masalahnya adalah tommy tidak bisa membaca huruf dengan baik, andy bersedia mengajari tommy dan membimbingnya. Mereka mulai belajar dari alphabet, tommy menunjukan keseriusannya kepada andy seperti yang dia ucapkan, bahkan ketika diluar jam belajar mereka masih menyempatkan untuk belajar dan secara tidak sadar andy menaruh perhatian khusus pada tommy dengan memberikan kursus untuknya.

Pada tahun 1966 waktunya tiba bagi tommy untuk ujian kesetaraan.
Menit demi menit telah berlalu, nampaknya tommy kesulitan mengerjakannya, tanpa dia sadari waktu telah mendekati menit akhir, dan waktu pun habis.
Seketika itu juga emosi tommy meledak, dan dia pikir apa yang telah dia lakukan selama ini merupakan hal yang sia – sia dan hanya buang – buang  waktu saja.

Dengan sikap tenang andy mencoba menenangkannya, tetapi tommy tidak menghiraukannya, buku yang ada dimeja dibuang olehnya dan soal ujiannya dia remas – remas lalu dia lemparkan ke tong sampah, dengan langkah cepat tommy meninggalkan ruangan tersebut diikuti beberapa pasang mata yang memperhatikannya.

Tommy menemui red dibengkel kayu, dan bercerita terus terang bahwa apa yang dia lakukan tersebut pasti membuat andy kecewa, red menyangkal perkataan tommy dan mejelaskan bahwa sebenarnya andy itu sangat bangga pada tommy.
Tommy bertanya pada red kenapa orang sepintar andy bisa sampai dipenjara, lalu red bercerita singkat pada tommy atas tuduhan apa andy dipenjara dan masalalunya, mendegar apa yang disampaikan oleh red membuat raut wajah tommy berubah seketika, dia kaget dan terheran – heran.

vlcsnap-3789-03-01-02h13m42s779

Mendengar hal tersebut tommy segera membicarakannya dengan andy dan red, tommy mulai bercerita dan mereka mendengarkan dengan seksama.

Tommy :
Sekitar 4 tahun yang lalu aku berada di penjara thomaston, aku mencuri mobil kala itu.
Itu perbuatan yang sangat bodoh, dan aku dihukum selama 2 sampai 3 tahun,
sebelum masa pemebasanku yang tinggal 6 bulan lagi aku mendapat teman baru satu sel
namanya Elmo Blatch
dia sangat brengsek, sudah ratusan lebih perbuatan jahat yang dia perbuat tapi anehnya dia sangat mudah sekali ketakutan. Dia selalu ngoceh tentang pekerjaan yang dia lakukan, dan sampai suatu malam aku bertanya padanya.
” Elmo … siapa saja yang pernah kau habisi nyawanya ? ”

lalu dia menjawab
” Pada suatu malam aku mendapat pekerjaan di janapada untuk membersihkan meja restoran agar aku bisa memilih orang kaya yang datang, setelah ku amati beberapa orang, akhirnya aku mendapatkan orang tersebut lalu mengikutinya sampai rumahnya.
Dan diam – diam ku masuki kamarnya dan merampok hartanya, diapun terbangun …
dan membuatku kesal, jadi langsung kuhabisi dia bersama seorang wanita yang tidur dengannya.

Dan kau tahu….
ternyata yang kubunuh adalah seorang pemain golf profesional, dan wanita tersebut adalah selingkuhannya, padahal wanita itu telah menikah dengan seorang bangkir hebat, dan yang dituduh membunuh keduanya adalah bangkir tersebut. ”
( elmo menceritakannya dengan tertawa lepas )

Andy terdiam seribu bahasa seolah tidak percaya apa yang baru saja dia dengar dari tommy, begitu jua dengan red.

vlcsnap-1084-12-20-06h49m53s348

Andy segera menghadap norton di ruangannya serta mendiskusikan perihal tersebut, Namun sayang sekali respon norton akan cerita yang andy sampaikan tidak sesuai dengan yang andy harapkan, norton menyampaikan padanya bahwa apa yang disampaikan tommy pada dirinya adalah sebuah kebohongan dan karangan belaka.

Andy sangat kecewa dengan tanggapan norton, seolah – olah tidak peduli dengan permasalahan yang sedang dia hadapi dan menyuruhnya untuk segara meninggalkan ruangannya, lalu andy mencoba untuk memberikan penawaran padanya, ketika dia sudah bebas nanti dia tidak akan mengungkit masalah pencucian uang yang terjadi di shawshank.

Mendengar hal itu norton langsung memperingatkan andy agar dia tidak menyebut -nyebut masalah pencucian uang yang terjadi di disini, lalu dia memanggil petugas untuk menyeret andy keluar dari ruangannya dan memerintahkan untuk mengurung andy di sel pengasingan selama 1 bulan.

Tanpa sepengetahuan tommy, andy diam – diam mengirim soal ujian yang tommy lemparkan ketong sampah ke dewan pendidikan, dan hasilnya sungguh diluar dugaan bahwa tommy lulus dengan nilai rata – rata C.

Sedang asik – asiknya tommy mengepel lantai tiba – tiba petugas menghampirinya dan mengatakan  bahwa norton ingin menemuinya di luar penjara, suatu hal yang aneh kenapa pertemuan tersebut tidak diadakan di ruangannya, dan apa yang mereka bicarakan tentu menjadi sebuah tanda tanya besar.

vlcsnap-0123-03-19-21h41m55s689

Sebulan telah berlalu dan sudah saatnya andy keluar dari sel pengasingan, norton datang menuju sel tersebut bersama hadley untuk menemui andy, norton menghampirinya dan berbicara pada andy supaya dia tetap menjalakan aktifitasnya kembali seperti biasa dan move on  dari segala sesuatu yang terjadi akan dirinya.

Secara tidak langsung norton membujuk andy untuk tetap membantunya dalam melakukan kejahatannya, dengan suara parau andy menolak ajakan tersebut dan menyuruhnya agar mencari orang lain saja untuk membantunya. norton sangat tidak suka akan jawaban dari andy, lalu dia mengancamnya dengan berbagai macam ancaman. Andy masih saja tidak bergeming dan akhirnya norton mengurung andy kembali selama satu bulan di sel pengasingan lagi agar dia memikirkan hal tersebut.

Sejak kejadian itu ada yang terlihat aneh dari andy baik ucapan maupun tingka laku, sebagai seorang teman red menghampirinya dan mencoba mengerti akan perasaanya.

vlcsnap-1189-10-28-22h26m28s547

Andy :
Kata istiku aku ini orang yang sulit dimengerti, layaknya buku yag tertutup rapat, dia keluhkan itu setiap saat. aku sangat mencintainya dan permasalahannya cuma satu
yaitu aku tidak tahu cara menunjukan perasaan ku padanya.
Secara tidak langsung aku telah membunuhnya, memang bukan aku yang menarik pelatuknya tetapi aku yang mengantarkannya

Red :
Hal tersebut tidak membuatmu menjadi seorang pembunuh …
suami yang buruk mungkin
kau memang merasa bersalah tetapi bukan kau kan yang menarik pelatuknya

Andy :
Memang bukan aku yang melakukannya, tetapi orang lain berbuat tersebut, dan sekarang aku berakhir disini, dan kurasa ini hanya sebuah nasib buruk

Red :
( Masih memperhatikan andy dengan seksama )

Andy : 
Nasib buruk itu terus berkeliaran tanpa henti
dan itu mengharuskan menimpa seseorang, sekarang adalah giliranku.
Saat ini aku berada dijalur tornado, aku hanya tidak habis pikir bahwa badai itu sampai sekarang masih terus berlangsung
Red … apa kau pernah berpikir suatu saat nanti kau akan keluar dari sini ?

Red : 
Aku ?
mungkin … suatu hari nanti ketika jenggotku mulai panjang dan berwarna putih
dan aku mulai pikun

Andy :
Akan kuberi tahu padamu kemana aku akan pergi
Zihuatanejo

Red : 
Apa kau bilang ?

Andy :
Zihuatanejo… , letaknya ada dimeksiko
pulau kecil di samudra pasifik, apa kau tahu apa yang orang meksiko bilang tentang samudra pasifik ?

Red : 
Tidak …

Andy : 
mereka bilang bahwa itu tempat yang tidak punya kenangan, disitulah aku ingin menghabiskan sisa umurku. Tempat hangat yang tidak punya kenangan, lalu membuka hotel kecil di dekat pantai.
Dan membeli perahu tua lalu memperbaikinya, akan kuajak tamuku untuk berlayar, rekreasi dan memancing.
Dan ditempat itu aku butuh orang sepertimu red

Red :
Zihuatanejo … ( sambil terseyum )
aku tidak tahu apakah aku bisa bertahan diluar penjara atau tidak, disini aku bisa dapatkan apapun tapi kalau diluar sana entahlah aku harus memulainya darimana.
Hampir seumur hidupku kuhabiskan disini, kini aku termasuk bagian dari penjara,
sama seperti brooks.
Samudra pasifik … ?
oh sial … hal sebesar itu membuatku takut

Andy :
Jangan remehkan dirimu sendiri,
apapun kesalahan yang kuperbuat aku telah membayarnya
hotel dan perahu kurasa permintaan ku tidak banyak

Red : 
Andy … kupikir kau tidak usah berpikir macam – macam
Ini merupakan mimpi yang sia – sia, sekarang kita ada sini dan meksiko berada jauh diluar sana, dan itulah kenyataannya

Andy :
Kau memang benar red, itulah kenyataanya
sekarang pilihannya sederhana
KEEP BUSY LIVING OR KEEP BUSY DYING

Andy meminta kepada red untuk melakukan satu hal, dan red menyanggupi permintaan andy. Ketika red sudah bebas andy menyuruhnya untuk pergi ke sebuah padang rumput besar yang berada di buxton, seperti yang tergambar di puisi Robert frost, bahwa disana ada sebuah dinding bebatuan yang panjang dan terdapat pohon oak yang besar.

Disitu ada sebuat batu vulkanik berwarna hitam, batu itu berbeda dari yang lain. Dibawah batu tersebut ada sesuatu yang ingin andy berika untuknya.
Red bertanya pada andy apa yang ada dibawahnya, tetapi andy tidak langsung memberi tahu, dan menyuruhnya untuk mengambilnya sendiri.

Ditempat makan red dan kawan – kawan sedang membicarakan andy yang akhir – akhir ini terlihat aneh, mereka hanya bisa menduga – duga apa yang sebenarnya terjadi, Tetapi yang pasti setiap orang mempunyai batas titik kesabaran.

Seperti biasanya ketika diwaktu malam andy membantu norton, walau andy melakukan itu semua dengan berat hati, begitu senangnya norton mendapati andy kembali  seperti biasanya. Tetapi entah mengapa pada malam itu ada sesuatu yang tidak wajar, sesuatu yang mengganjal hati dan pikiran.

Suasana dipagi hari berjalan seperti biasa, para tahanan keluar dari selnya dan berbaris untuk melakukan penghitungan pagi, para sipir mengabsen mereka satu persatu namun setelah dicek ada satu orang yang tidak keluar dari selnya, dan itu ialah Andy Dufresne.
Para sipir berusaha meneriakinya agar dia segera lekas keluar, tetapi setelah ditunggu andy tidak kunjung keluar.

Mereka dibuat gerah olehnya dan dengan langkah sigap dan cepat mereka menghampiri sel tersebut, tapi … sesampainya disana mereka tercengang karena yang merka dapati hanya sebuah sel kosong.

Pagi hari itu berita tentang hilangnya andy dufresne membuat heboh seluruh shawshank, mengetahui hal tersebut norton segera bergegas menuju lokasi kejadian, norton kesal bukan main mendapati kenyataan bahwa andy sudah tidak ada di selnya.
Jika dipikir secara logika mana mungkin seorang tahanan bisa hilang dari selnya dalam waktu satu malam, norton berasumsi bahwa ini adalah sebuah konspirasi besar yang melibatkan banyak orang.

Tidak disengaja norton meilirik batu mainan yang andy buat di dekat jendela, lalu dia ambil batu mainan tersebut dan melemparkannya kesegala arah, namun batu lemparan yang terakhir dia lemparkan kearah sebuah poster besar ditembok.

Seharusnya batu yang dilemparkan kearah tembok akan memantul kembali dengan sendirinya, tetapi kali ini malah sebaliknya, batu tersebut malah merobek poster tersebut dan masuk kearah dalam.

Sontak saja mereka yang berada disitu merasa bingung, dengan perlahan norton mendekati poster tersebut lalu merobek serta membukanya, mereka kaget bukan main ketika melihat apa yang ada di balik poster itu.

vlcsnap-7602-04-18-22h33m44s187

Keesokan paginya seorang pria yang tidak pernah terlihat oleh siapapun berjalan memasuki bank nasional maine, pria ini tidak pernah ada sampai sekarang kecuali hanya dalam berkas, semua kartu identitas dia memilikinya, baik itu akte lahir, SIM, kartu jaminan sosial dan sebagianya.

Tujuan dia pagi itu ke bank adalah untuk mengambil cek yang senilai 370.000 $  dan menitipkan sebuah amplop coklat pada bank tersebut untuk digabungkan bersamaan dengan pengiriman pos, tentunya dengan senang hati pihak bank menerima titipan tersebut.

vlcsnap-1865-11-04-06h25m03s416

Tidak lama berselang setelah kiriman amplop itu sampai ketujuan, pihak kepolisian ramai – ramai mendatangi penjara shawshank dengan membawa surat penangkapan beserta bukti – bukti, Suana disekitar penjara menjadi gaduh.

Hadley yang biasanya terlihat gagah pada kali ini dia tidak berkutik sama sekali ketika berhadapan dengan pihak kepolisian, dan tanpa banyak omong mereka langsung menyeret hadley kedalam mobil.

vlcsnap-2680-02-27-00h27m26s954

Hadley telah dibekuk dan selanjutnya adalah norton, pihak polisi langsung menuju ruangan norton. Tentu saja norton panik bukan main ketika dia menyadari keadaan saat ini yang sedang terjadi, bagaiman mungkin berita tentang kejahatannya bisa terekspos media, dia ambil senapan dilaci mejanya lalu dengan tangan gemetar dia isi peluru satu persatu.

Entah apa yang ada dibenaknya saat itu, mungking dia bertanya – tanya bagaimana bisa seorang andy dufresne yang notobennya seorang tahanan bisa melakukan semua hal tersebut.

vlcsnap-4744-03-10-15h11m30s187

Kepergian andy dari shawshank banyak meninggalkan kenangan manis, red dan kawan – kawan sering membicarakannya disela – sela kegiatan mereka, terkadang hal tersebut membuat red merasa sedih, mengingat bahwa sekarang ini andy sudah tidak ada bersama mereka lagi.

Mungkin dia sedang rindu akan kehadiran sahabatnya, dan satu hal lagi yang red pahami bahwa tidak selamanya seekor burung harus dikurung dalam sangkarnya, ada waktunya dia harus dilepas dikarenakan sayapnya yang mulai rapuh.

Tiba waktunya bagi red menjali sidang pembebasannya untuk yang ketiga kalinya.

Petinggi Penjara :
Ellis Boyd Redding
apa benar kau telah ditahan selama 40 tahun ?
apa kau sudah merasa direhabilitasi ?

Red :

Direhabilitasi ?
Tunggu …. biar kupikir dulu
karena aku tidak paham apa yang kau bicarakan

Petinggi Penjara :

Berarti kau sudah siap terjun di masyarakat

Red :

Nak… , aku tahu maksud mu
bagiku apa yang kau bicarakan itu hanya omong kosong
sebuah ucapan politisi yang bertujuan agar orang sepertimu bisa mempunyai jabatan
apa yang sebenarnya ingin kau ketahui ?
aku menyesal atas perbuatanku ?

Petinggi Penjara :

Kau menyesalinya ?

Red :

Tidak ada hariku yang berlalu tanpa penyesalan
ketika aku melihat kembali masa mudaku, yang aku temukan adalah seorang anak muda yang bodoh sedang terlibat kejahatan.
Ingin sekali aku bicara dengannya menggunakan akal sehat, dan melihat apa yang akan terjadi kedepan. Tapi aku tidak bisa … anak muda itu telah pergi jauh dan sekarang yang tersisa hanyalah pria tua ini.

Rehabilitasi ?
Menurutku itu hanya sebuah bualan, selanjutnya silahkan kau mengecap formulir itu dan jangan membuang waktuku lagi, terus terang aku sudah tidak peduli lagi.

Semua orang diruangan tersebut diam tanpa sepatah kata mendengar penuturan dari red.

vlcsnap-4937-11-20-09h31m20s295

Butuh waktu 40 tahun bagi red untuk menebus segala kesalahannya, satu langkah baru dalam kehidupannya, bagaikan kesempatan kedua yang diberika oleh tuhan.
Kehidupan diluar penjara merupakan suatu hal yang buruk baginya, seperti seseorang yang tersesat didalam hutan yang tidak tahu kearah mana yang akan dia tuju, bisa dibilang kehidupan red hampir sama seperti yang brooks alami.

Hanya satu hal yang bisa membuat red bertahan, yaitu janjinya pada andy.

Perjalanan panjang dia tempuh untuk mencapai buxton, dia terus mencari tempat yang dimaksud andy, hanya dengan bantuan kompas dia mencarinya. Setelah lama mencari akhirnya dia menemukan tempat tersebut, dia terus menelusuri setiap sudut bebatuan untuk mencari batu vulkanik berwana hitam.

Betapa senangnya red ketika mendapati batu tersebut, dia angkat batu tersebut dan dia mulai sedikit menggali, lalu nampaklah sebuah kotak, dia lihat keadaan sekitar untuk memastikan keadaan dan dibukanya kotak itu dengan segera.

yang dia dapati adalah sebuah amplop berisi uang dan selembar surat, dia buka surat tersebut dan membacanya.

Untuk Red
Jika kamu sudah membaca ini kamu pasti sudah bebas
dan jika kamu sudah datang sejauh ini
mungkin kamu tidak keberatan untuk pergi agak jauh lagi
apa kau ingat nama kota itu ? 
aku butuh bantuan orang yang ahli 
agar proyekku berjalan dengan lancar
akan kuperhatikan semuanya untukmu
dan papan caturnya sudah siap

Red ... ingatlah

Hope is good things 
maybe the best of things
and no good things ever die

aku berharap surat ini sampai padamu
dan kamu dalam keadaan baik

Temanmu
Andy Dufresne

Entah apa yang ada di benaknya setelah membaca surat dari andy, mungkin berbagai hal berkecamuk dalam dirinya.

Untuk kedua kalinya red melakukan kejahatan lagi, dia melanggar pembebasan bersyaratnya. Rasa senang menghinggapinya sampai – sampai dia tidak bisa memikirkan apapun, sebuah kebahagiaan yang dimiliki oleh orang bebas, orang bebas yang sedang memulai perjalanan panjang yang tidak tahu akan ujung ceritanya.

Red sangat berharap agar dia bisa melintasi perbatasan dengan selamat dan tanpa masalah, hanya satu inginnya … yaitu menjumpai sahabat lamanya.

Semua letih dan lelah perlahan hilang, ketika yang ada didepan matanya adalah sebuah sosok yang pernah dia kenal dengan baik, sosok yang pernah bersamanya dan menjadi tempat bertukar pikiran dengannya selama bertahun – tahun.
kedatangannnya disambut dengan ukiran semyum diwajah, Andy yang sedang asiknya memperbaiki kapal langsung menghentikan aktifitasnya dan langsung segara menghapiri red, samudra pasifik yang berwarna biru itulah yang menjadi saksi bisu pertemuan mereka.

vlcsnap-1281-01-20-03h16m00s081

vlcsnap-3853-02-24-08h53m14s406

vlcsnap-4663-01-15-07h45m12s948

First Step

In The Name Of Allah, Most Gracious, Most Merciful

 

Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat bagi kita semua, Terutama saya pribadi. I Hope So..  See you next time.